August 3, 2011

Jepang

Sekilas tentang Jepang yang gua tahu menurut hasil pengamatan gua selama 1 bulan di Tokyo waktu tahun 2009...
  1. Orang Jepang
a. Orang Jepang itu ramah banget! Waktu gua awal datang, gua mesti ke sekolah gua dulu. Karena cuma tahu alamat aja, gua tersesat. Tangan gua dah mati rasa gak bisa angkat koper lagi. Akhirnya ada 1 cewek lewat, terus gua tanya dia. Karena dia kurang jelas juga, jadi dia bilang mau gak diantar ke kantor polisi? Gua bilang gua dah gak sanggup jalan lagi. Jadi ya dah gua dan koko gua ngitar-ngitar aja di sekitar Hamacho. Dah lama lewat cewek itu balik lagi nyariin gua dan koko gua. Dia print 1 peta terus tunjukin jalan. Gila, baik amat ya? Apa gak kepikir gua dah gak ada lagi di situ?
b. Orang Jepang pintar, tapi tergantung alat. Coba tanya alamat dech, pasti pada gak tau. Bentar-bentar cek lewat internet, bentar-bentar lihat GPS.
c. Bawahan terlalu nurut sama atasan. Kalau ini mutlak loh.
d. Gua mikir apa 1 keluarga Jepang gak pernah masak di rumah ya? Masa restoran selalu ramai dan bento selalu habis?
e. Orang Jepang jalannya cepat banget! Mungkin karena tiap hari kerjanya jalan terus kali ya?
f. Orang Jepang suka pelihara doggy. Mana-mana bawa doggy. Bahkan banyak banget salon doggy dan tempat jual-jual barang doggy. Lucu-lucu lagi doggynya hehe..
g. Jeleknya orang Jepang tuh banyak yang ngerokok, mau cowok, mau cewek rata-rata pada ngerokok gitu.
  1. Kendaraan
a. Kereta
Kereta paling banyak dipakai di Jepang. Jalurnya pun banyak banget. Contoh: Toei line: Asakusa line, Mita line, Shinjuku line, Oedo line. Tokyo Metro line: Ginza line, Marunouchi line, Hibiya line, Tozai line, Chiyoda line, Yurakucho line, Hanzomon line, Namboku line, Fukutoshin line. Lainnya: JR Yamanote line, JR line, Private railways, dan lain-lain.
b. Mobil
Setahu gua mobil paling laku itu Toyota dan Honda, tapi kok malah jarang lihat ya? Malah lebih banyak Nissan, bahkan dekat kos gua di Morishita ada tempat sewa mobil Nissan. Bahkan gua cuma baru pernah lihat 1 CRV doang.
c. Sepeda
Jalur jalannya di trotoar tempat orang jalan kaki. Banyak juga loh yang pakai sepeda. ada tempat penyewaan pula.
d. Bus & motor
Gua jarang lihat tuh, bahkan gua gak pernah naik bus selama gua di Tokyo.
  1. Handphone
a. Softbank
Ini HP yang paling laku soalnya banyak yang pakai hehe.. Tapi ada juga yang bilang Docomo. Kalau di Jakarta kan sesama operator murah, nah di Jepang tuh sesama HP yang murah. Gua pemakai Softbank, jadi cuma ini yang bisa gua ceritain. Sms ke sesama sepanjang hari gratis. Kalau ke yang lain mesti tahu alamat emailnya dulu, gak bisa dari nomor HP doang. Telepon sesama gratis dari jam 1 pagi sampai jam 9 malam. Lumayan kan? Internet gak gitu jelas soalnya gua gak pasang, tapi setahu gua bayar bulanan 4000 yen. Rata-rata pascabayar gitu yang ada biaya per bulan, kalau pelajar diskon 50%.
b. NTT Docomo
Dari style sich bagusan Docomo, cuma teman-teman gua pakai Softbank jadi ya gua gak beli Docomo.
c. AU KDDI
d. Willcomm
  1. Musik
Gua bicara tentang CD loh. Orang Jepang tuh pintar ya cari duit. Sebelum keluar album, mereka keluar single dulu yang biasa isinya 2-4 lagu aja. Kadang-kadang juga ada single yang dibikin beberapa versi, jadi tinggal pilih mau yang mana. Enaknya lagi, di tempat jualan CD bisa dengarin dulu lagunya, jadi kalau jelek kan gak usah beli hehe.. Bahkan ada tempat sewa juga, 4 CD 1000 yen, batas waktu penyewaan 1 minggu. Lumayan kan kalau gak mau keluar duit banyak?
  1. Tempat Makan
Ada banyak restoran di Jepang, tapi yang paling laku ya Sukiya, Matsuya, Yoshinoya. Tapi entah napa rata-rata pada jualan kare atau sapi. Ngomong-ngomong kok gua gak pernah lihat Ajisen Ramen dan Hoka-Hoka Bento ya?
  1. Convenient Store
a. Seven Eleven
b. Am Pm
c. Family Mart
d. Lawson Station
e. Sankus
Rata-rata pada jualannya sama, kecuali Seven Eleven. Apa pada gak saingan ya kalau di sepanjang jalan pada ada?

No comments:

Post a Comment